Komunitas LGBTQ Uganda ketakutan dengan undang-undang baru

Pendukung undang-undang baru mengatakan itu diperlukan untuk menghukum kegiatan LGBTQ yang lebih luas.

Foto: Rawstory

Anggota komunitas LGBTQ di Uganda terkejut dan takut ditangkap setelah parlemen mengesahkan undang-undang baru yang menetapkan identitas sebagai gay sebagai kejahatan. Undang-undang itu akan memberlakukan hukuman berat yang mencakup hukuman mati dalam kasus-kasus tertentu, kata seorang aktivis pada hari Rabu (23/3).

"RUU Anti-Homoseksualitas, 2023" disahkan dengan mayoritas hampir bulat oleh anggota parlemen di negara Afrika timur di mana sentimen anti-gay sangat dalam.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Rabu undang-undang itu akan merusak hak asasi manusia dan "membalikkan keuntungan dalam perang melawan HIV/AIDS" dan mendesak pihak berwenang untuk mempertimbangkan kembali penerapan undang-undang tersebut.

Frank Mugisha, salah satu dari sedikit warga Uganda yang hidup secara terbuka sebagai gay, mengatakan kepada Reuters bahwa dia takut undang-undang tersebut akan memicu "penangkapan massal terhadap orang-orang lesbian, gay, biseksual, transgender dan queer (LGBTQ) dan kekerasan massa terhadap komunitas LGBTQ."

"Orang-orang LGBTQ akan takut pergi ke pusat kesehatan untuk mendapatkan layanan...akan ada banyak trauma dan kasus kesehatan mental yang akan menyebabkan banyak bunuh diri," katanya.