Indonesia pimpin upaya realisasi konsep Indo-Pasifik di ASEAN

AOIP bakal menjadi kekuatan apabila negara di ASEAN berhasil mengadopsinya. 

Duta Besar RI untuk Inggris Rizal Sukma dalam diskusi "Indonesia, ASEAN and the Indo-Pacific Strategic Necessities" di CSIS, Jakarta, Rabu (28/8). Alinea.id/Valerie Dante.

Indonesia akan terus memimpin upaya merealisasikan ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP) di ASEAN. AOIP bakal menjadi kekuatan apabila negara di ASEAN berhasil mengadopsinya. 

Duta Besar RI untuk Inggris Rizal Sukma mengatakan dengan mengadopsi AOIP, ASEAN ingin mengirim pesan kepada kekuatan di luar Asia Tenggara, bahwa sentralitas ASEAN tidak boleh dilupakan.

"Tanpa inisatif dan tekad Indonesia, AOIP tidak mungkin berhasil diadopsi. Indonesia berhasil meyakinkan mitra regionalnya bahwa AOIP merupakan kebutuhan strategis bagi ASEAN untuk membentuk visi mengenai masa depan dan arsitektur kawasan," jelasnya.

Indonesia, lanjutnya, berharap AOIP dapat mengatasi tantangan di kawasan dan mendorong kerja sama regional. Selain itu, AOIP diharapkan dapat berfungsi sebagai platform di mana persaingan antara kekuatan-kekuatan besar dapat berkurang dan konflik dapat dihindari.

Diplomat yang juga menjabat sebagai perwakilan Indonesia bagi Organisasi Maritim Internasional (IMO) itu menyatakan beban dan tanggung jawab untuk merealisasikan AOIP terletak pada Indonesia.