Korban meninggal coronavirus jadi 1.486 orang

Pada Kamis (13/2), Jepang mengonfirmasi kematian coronavirus pertamanya.

Petugas medis memakai pakaian pelindung di sebuah pusat layanan kesehatan masyarakat di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, Sabtu (8/2). ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS

Angka kematian akibat wabah coronavirus jenis baru pada Jumat (14/2) meningkat jadi 1.486 dengan total tiga kematian di luar China daratan, yaitu masing-masing satu di Hong Kong, Filipina, dan Jepang.

Pada Kamis (13/2), Jepang mengonfirmasi kematian coronavirus pertamanya, yaitu seorang wanita berusia sekitar 80 tahun yang tinggal di Prefektur Kanagawa. Wanita itu jatuh sakit pada Januari dengan gejala pneumonia.

Coronavirus telah menginfeksi lebih dari 64.000 orang lainnya di seluruh dunia. Lebih dari 63.000 sendiri terdapat di China daratan, sementara Hong Kong mencatat 53 kasus dan Macau mencatat 10 kasus.

Jepang mendeteksi 247 kasus, Singapura 58 kasus, Thailand 33 kasus, Korea Selatan 28 kasus, Malaysia 19 kasus, Taiwan 18 kasus, Jerman dan Vietnam 16 kasus, serta Australia dan Amerika Serikat masing-masing 15 kasus.

Ada pun Prancis mendeteksi 11 kasus, Inggris sembilan kasus, Uni Emirat Arab delapan kasus, Kanada menemukan tujuh kasus, India empat kasus, Rusia dan Spanyol dua kasus, serta Italia dan Filipina tiga kasus. Nepal, Kamboja, Belgia, Finlandia, Swedia, dan Sri Lanka masing-masing mencatat satu kasus coronavirus jenis baru.