Korea Selatan alami lonjakan kasus infeksi Covid-19

Ada 79 kasus baru infeksi Covid-19 yang dilaporkan pada Kamis (28/5).

Seorang guru menggunakan kamera termal untuk mengecek suhu para pelajar di Seoul, Korea Selatan, Kamis (21/5), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/ Yonhap/via REUTERS

Korea Selatan melaporkan lonjakan kasus harian Covid-19 terbesar dalam 53 hari terakhir, menimbulkan kekhawatiran bahwa negara itu harus kembali memperketat langkah-langkah pembatasan sosial yang telah dilonggarkan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KCDC) melaporkan 79 kasus baru infeksi Covid-19 pada Kamis (28/5), 67 di antaranya terdeteksi di Seoul.

Korea Selatan sejauh ini mencatat 11.344 kasus positif Covid-19, termasuk 269 kematian dan 10.340 pasien yang dinyatakan sembuh.

Direktur KCDC Jeong Eun-kyeong menyatakan bahwa negara itu kemungkinan perlu kembali menerapkan langkah-lengkah pembatasan sosial yang ketat.

Jeong Eun-kyeong menilai, pelonggaran pembatasan pada pertengahan April mendorong peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik dan membuat petugas kesehatan lebih sulit melacak jejak transmisi.