Korsel susun rencana hidup normal 'berdampingan' dengan Covid-19

Korea Selatan mengendalikan lonjakan kasus dengan menggenjot program vaksinasi.

Masyarakat berjalan-jalan di tengah pandemi Covid-19 di Hanriver Park di Seoul, Korea Selatan, 21 Februari 2021. REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo

Saat ini Korea Selatan (Korsel) sedang menyusun rencana untuk hidup lebih normal 'berdampingan' dengan Covid-19. Otoritas kesehatan, Rabu (8/9), berharap 80% orang dewasa sudah divaksin sepenuhnya pada akhir Oktober.

Korsel memang sempat berada di tengah gelombang infeksi Covid-19 terburuk, namun negara ini berhasil mengendalikan lonjakan kasus dengan menggenjot program vaksinasi.

"Kami akan meninjau langkah-langkah yang akan memungkinkan kami untuk hidup lebih normal, tetapi perubahan seperti itu hanya akan diterapkan ketika kami mencapai tingkat vaksinasi yang tinggi dan situasi (Covid-19) secara keseluruhan stabil," ujar Son Young-rae, pejabat senior Kementerian Kesehatan.

Strategi untuk hidup normal tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan perlahan-lahan mengurangi pembatasan. Namun, masker masih perlu digunakan, setidaknya pada tahap awal.

Pemerintah berharap rencana itu bisa dilakukan setelah akhir Oktober, ketika 80% dari populasi orang dewasa sudah divaksinisasi.