Korut terang-terangan sebut Korsel 'musuh utama'

Pekan lalu, Gedung Putih mengumumkan bahwa Rusia telah menggunakan rudal balistik yang dipasok Pyongyang di Ukraina.

Korut terang-terangan sebut Korsel 'musuh utama'. Foto: Ist

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah menyatakan bahwa Korea Selatan kini secara resmi menjadi “musuh utama” Pyongyang.  Ketika para menteri luar negeri dari 48 negara mengeluarkan pernyataan bersama mengecam ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara yang melampaui batas semenanjung Korea, Korut menyatakan siap perang.

“Sampah Korea Selatan adalah musuh utama kami,” kata Kim, mengacu pada nama resmi Korea Selatan, seperti yang dikutip oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara pada hari Rabu (10/1). 

“Meskipun kami tidak akan secara sepihak memutuskan terjadinya pergolakan besar di Semenanjung Korea melalui kekuatan kami yang sangat besar, kami juga tidak mempunyai niat untuk menghindari perang,” dia memperingatkan.

Berbicara selama inspeksi dua hari di pabrik militer yang dimulai pada hari Senin, pemimpin Korea Utara menegaskan kembali komitmennya terhadap pengembangan kemampuan nuklir yang sedang berlangsung. 

“Sebagai respons terhadap negara bermusuhan yang mengambil sikap agresif terhadap kami, dan secara aktif memperkuat kekuatan militernya, prioritas utama kami adalah meningkatkan kemampuan pertahanan nasional dan memperkuat pencegahan nuklir terhadap perang.”