Krimea mulai diganggu, ini respons anggota parlemen Rusia

Krimea juga menjadi basis operasi angkatan laut Rusia yang mulai berjuang untuk mempertahankan kendali atas The Black Sea.

Dalam gambar yang diambil dari video yang disediakan oleh televisi Rusia RU-RTR pada hari Selasa, 16 Agustus 2022, asap mengepul di atas lokasi ledakan di gudang amunisi tentara Rusia di dekat desa Mayskoye, Krimea. RU-RTR Russian Television via AP

Ukraina telah menargetkan serangan ke Krimea. Wilayah yang dianggap tempat suci bagi Vladimir Vladimirovich Putin dan Putin telah memperingatkan konsekuensi apabila menyerang Krimea. Serangan Ukraina secara berulang kali ke wilayah tersebut menimbulkan tantangan baru bagi posisi Putin di dalam negeri.

Kilas balik pekan lalu, terjadi ledakan di lapangan terbang militer di Krimea, yang membuat pengunjung pantai bergegas mencari perlindungan dan terjadi serangan drone darurat di kota Sevastopol, sehingga Rusia membatalkan perayaan hari angkatan laut. 

Beberapa komentator yang proterhadap Kremlin, meminta militer Rusia untuk memanfaatkan ancaman untuk menanggapi dengan keras serangan terhadap Krimea. Andrei Klishas, selaku anggota parlemen senior dari partai Rusia, menyampaikan tanggapannya melalui postingan media sosialnya,

“Serangan balasan Rusia harus sangat meyakinkan”, tegasnya. 

Pada Selasa (16/8) kemarin, ledakan besar mengguncang gudang amunisi Rusia di Krimea, ketika Ukraina mencoba untuk melawan dan mengganggu jalur pasokan dengan meningkatkan taktik militernya dan menyerang dari jauh di belakang garis depan.