sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Krimea mulai diganggu, ini respons anggota parlemen Rusia

Krimea juga menjadi basis operasi angkatan laut Rusia yang mulai berjuang untuk mempertahankan kendali atas The Black Sea.

 Atikah Rahmah
Atikah Rahmah Rabu, 17 Agst 2022 15:41 WIB
Krimea mulai diganggu, ini respons anggota parlemen Rusia

Ukraina telah menargetkan serangan ke Krimea. Wilayah yang dianggap tempat suci bagi Vladimir Vladimirovich Putin dan Putin telah memperingatkan konsekuensi apabila menyerang Krimea. Serangan Ukraina secara berulang kali ke wilayah tersebut menimbulkan tantangan baru bagi posisi Putin di dalam negeri.

Kilas balik pekan lalu, terjadi ledakan di lapangan terbang militer di Krimea, yang membuat pengunjung pantai bergegas mencari perlindungan dan terjadi serangan drone darurat di kota Sevastopol, sehingga Rusia membatalkan perayaan hari angkatan laut. 

Beberapa komentator yang proterhadap Kremlin, meminta militer Rusia untuk memanfaatkan ancaman untuk menanggapi dengan keras serangan terhadap Krimea. Andrei Klishas, selaku anggota parlemen senior dari partai Rusia, menyampaikan tanggapannya melalui postingan media sosialnya,

“Serangan balasan Rusia harus sangat meyakinkan”, tegasnya. 

Pada Selasa (16/8) kemarin, ledakan besar mengguncang gudang amunisi Rusia di Krimea, ketika Ukraina mencoba untuk melawan dan mengganggu jalur pasokan dengan meningkatkan taktik militernya dan menyerang dari jauh di belakang garis depan.

Kementerian Pertahanan Rusia sendiri menyebut ledakan itu sebagai tindakan sabotase, sebagai pengakuan signifikan bahwa perang menyebar ke wilayah yang dianggap Rusia.

Pejabat Ukraina tidak secara terbuka mengklaim tanggung jawab atas ledakan pada Selasa kemarin. Meski Volodymyr Zelensky telah memuji mereka yang membantu aparat intelijen Ukraina dan ‘dinas khusus’ untuk melemahkan militer Rusia. Zelensky memberikan tindakan tegas kepada penduduk Krimea,

“Krimea bukan tempat bagi mereka (penduduk Krimea),” ucapnya.

Sponsored

Rusia sekarang menggunakan Krimea untuk memberikan dukungan udara dan logistik kepada pasukannya di sana dan wilayah tetangga Zaporizhzhia, yang mana Ukraina telah menyerang jalur pasokan Rusia dan mengancam serangan balasan. Krimea juga menjadi basis operasi angkatan laut Rusia yang mulai berjuang untuk mempertahankan kendali atas The Black Sea. 

 

Sumber: nytimes.com
 

Berita Lainnya
×
tekid