Krisis pelecehan seksual, Paus Fransiskus: Kredibilitas gereja dilemahkan

Tahun lalu dinilai merupakan masa pelik bagi gereja Katolik.

Paus Fransiskus. REUTERS/Tony Gentile

Paus Fransiskus mengkritik para uskup Katolik di Amerika Serikat terkait respons mereka terhadap isu pelecehan seksual yang dilakukan anggota gereja. 

Sri Paus mengatakan bahwa pendekatan dengan cara saling menyalahkan, penyalahgunaan kekuasaan, dan "menempatkan diri sebagai korban atau menegur dengan marah" telah merusak kredibilitas gereja.

"Kredibilitas gereja telah dilemahkan dan direndahkan oleh dosa-dosa dan kejahatan ini," ujar Paus Fransiskus terkait kasus pelecehan anak-anak oleh golongan rohaniwan Katolik. "Terlebih lagi ternodai oleh upaya yang dilakukan untuk menyangkal atau menyembunyikannya."

Paus Fransiskus juga mengatakan perpecahan para uskup dan tindakan saling menyalahkan telah menimbulkan keraguan di antara para pengikut gereja.

"Umat Tuhan yang setia dan misi gereja menderita akibat penyalahgunaan kekuasaan, pelecehan seksual, serta buruknya cara menangani permasalahan ini. Gereja juga menderita melihat keuskupan yang tidak kompak dan lebih fokus menyalahkan satu sama lain ketimbang mencari jalan rekonsiliasi."