Lakukan 7 pertemuan bilateral, ini yang dibahas Menlu RI

Ketujuh pertemuan bilateral tersebut dilakukan pada hari kedua rangkaian Sidang Umum ke-74 PBB, Selasa (24/9).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Presiden Sidang Umum PBB Tijjani Muhammad-Bande di New York, Amerika Serikat, pada Selasa (24/9). / Kementerian Luar Negeri RI

Pada hari kedua rangkaian kegiatan Sidang Umum ke-74 PBB, Selasa (24/9), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan tujuh pertemuan bilateral.

"Hari ini saya telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rumania, Aljazair, Kepulauan Solomon, Guatemala, Estonia, Presiden Majelis Umum PBB dan Menlu Ceko," tutur Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Alinea.id pada Kamis (26/9).

Beberapa isu yang diangkat dalam pertemuan bilateral tersebut antara lain peningkatan hubungan ekonomi, peran perempuan dalam keamanan dan perdamaian serta isu Palestina di Dewan Keamanan PBB (DK PBB).

"Kerja sama ekonomi, pengarusutamaan isu perempuan serta isu Palestina di DK PBB menjadi fokus pembicaraan saya dengan negara sahabat di hari kedua ini," jelas Retno.

Untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, Indonesia akan terus mendorong pembentukan instrumen perdagangan bilateral seperti Preferential Trade Agreement (PTA) serta mengajak kolaborasi pihak swasta dan BUMN.