Langka, kambing gunung bunuh beruang grizzly

Insiden itu, yang digambarkan oleh petugas satwa liar sebagai kejadian langka, terungkap setelah sisa-sisa beruang grizzly betina ditemukan

Kambing Gunung (Oreamnos americanus) di atas bebatuan di Yukon, Kanada. foto: DEA/G. CAPPELLI / De Agostini / Getty Images

Peristiwa tidak biasa terjadi di sebuah taman nasional di British Columbia, Kanada. Seekor kambing gunung dilaporkan membunuh beruang grizzly. Ia menanduknya sampai mati.  

Insiden itu, yang digambarkan oleh petugas satwa liar sebagai kejadian langka, terungkap setelah sisa-sisa beruang grizzly betina ditemukan di Taman Nasional Yoho, menurut laporan setempat.

Seorang pejalan kaki melihat bangkai beruang itu pada 4 September, hanya beberapa meter dari jalur Burgess Pass – jalur sepanjang hampir 13 km yang terletak di dekat Lapangan di Taman Nasional Yoho, surat kabar Rocky Mountain Outlook Today pertama kali melaporkan pada 16 September.

Tanduk tajam seekor kambing telah menembus ketiak beruang seberat 70 kg dan sebuah titik di bawah lehernya, yang menyebabkan kematiannya, menurut sebuah nekropsi forensik yang dilakukan oleh para petugas.

David Laskin, ahli ekologi satwa liar dengan unit lapangan Taman Nasional Danau Louise, Yoho dan Kootenay, mengatakan "nekropsi menentukan bahwa beruang grizzly betina mati karena sebab alami, yang disebabkan oleh upaya pemangsaan yang gagal dari seekor kambing gunung."