Lebanon minta bantuan teknis IMF

IMF mengonfirmasi bahwa Lebanon meminta bantuan berupa saran dan keahlian teknis untuk mengatasi tantangan ekonomi makro.

Ilustrasi Lebanon / Pixabay

Lebanon pada Rabu (12/2) secara resmi meminta bantuan teknis dari Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menopang perekonomiannya.

"Kami belum lama ini menerima permintaan dari otoritas Lebanon untuk memberikan saran dan keahlian teknis atas tantangan ekonomi makro," kata juru bicara IMF Gerry Rice lewat sebuah pernyataan.

Dia menjelaskan bahwa IMF secara teratur memberi saran kepada negara-negara anggota mengenai kebijakan dan reformasi untuk memulihkan stabilitas ekonomi dan mendorong pertumbuhan. Namun, pernyataan IMF tidak menyinggung soal bantuan keuangan bagi Lebanon.

"Setiap keputusan tentang utang adalah wewenang otoritas terkait, yang akan dibuat lewat konsultasi dengan penasihat keuangan dan hukum mereka," tutur Rice.

Di lain sisi, ketika pemerintah Lebanon bergulat dengan krisis ekonomi yang telah memicu protes, negara itu harus segera memutuskan bagaimana menangani pembayaran utang, termasuk Eurobond senilai US$1,2 miliar yang jatuh tempo pada 9 Maret.