Lebih dari dua tahun, dampak kudeta militer Myanmar semakin menghancurkan

Meskipun represi brutal, perlawanan luas dan populer terus berlanjut, dengan segala cara, di sebagian besar Myanmar.

Home Asia Pasifik 22 Orang Tewas Dibantai di Biara Myanmar, Junta dan Pemberontak Saling Menyalahkan Berlianto Kamis, 16 Maret 2023 - 05:48 WIB views: 9.547 Junta militer Myanmar dan kelompok pemberontak saling menyalahkan atas pembantaian 22 orang di sebuah biara. Foto/CNN

Kekerasan akibat kudeta militer yang brutal berlanjut di dalam negeri Myanmar pada "skala yang mengkhawatirkan. Pemerintah yang berkuasa semakin agresif menekan pemberontak dengan skala kekuatan bersenjata yang lebih besar dan mematikan. 

Utusan Khusus PBB Noeleen Heyzer mengatakan pada pertemuan Majelis Umum, Kamis (16/3) bahwa dampak pengambilalihan militer terhadap negara dan rakyatnya, telah menghancurkan demokrasi.

Dia berterima kasih kepada negara-negara anggota PBB karena memperbarui resolusi untuk melanjutkan mandatnya dan mendukung “pendekatan semua pemangku kepentingan dalam mempromosikan proses kepemimpinan Myanmar, yang mencerminkan keinginan rakyat”, untuk mengakhiri penderitaan dan kematian.

Kekerasan yang intensif

Pada 1 Februari, dia mengatakan militer telah memperpanjang Keadaan Darurat, dan mengintensifkan penggunaan kekuatan untuk memasukkan lebih banyak pengeboman udara, pembakaran rumah warga sipil, dan “pelanggaran berat hak asasi manusia lainnya untuk mempertahankan cengkraman kekuasaannya.”