Longsor melanda kamp pengungsian Rohingya, satu orang tewas

Hujan deras turun sekitar 72 jam sebelum tanah longsor terjadi pada Sabtu (6/7), di kamp-kamp pengungsi Rohingya di Cox's Bazar.

Kamp pengungsian Kutupalong di Cox Bazar, Bangladesh. REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

Tanah longsor yang melanda kamp-kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh pada Minggu (7/7) telah menewaskan satu orang, menyebabkan lebih dari 4.500 lainnya kehilangan tempat tinggal.

Perwakilan PBB di Bangladesh menyatakan bahwa hujan deras turun sekitar 72 jam sebelum tanah longsor terjadi pada Sabtu (6/7), di kamp-kamp di Cox's Bazar, yang dihuni lebih dari 900.000 warga Rohingya.

Tanah longsor dilaporkan terjadi 26 kali di sejumlah kamp sementara yang dibangun di bukit dekat perbatasan Myanmar. Pohon-pohon di bukit itu telah ditebang untuk membangun gubuk-gubuk dan kayu bakar, akibatnya medan menjadi tidak stabil.

Pejabat UNHCR Areez Rahman mengatakan sekitar 30 gubuk terkena imbas dari hujan badai. Seorang wanita berusia 50-an meninggal akibat tertimpa dinding yang runtuh di tengah longsor.

Nur Mohammad, seorang Rohingya berusia 40 tahun yang menetap di kamp pengungsian Kutupalong, mengatakan 12 kerabatnya telah mengungsi ke tempatnya setelah gubuk mereka terdampak tanah longsor.