Luncurkan kampanye pemilu, PM Modi janjikan India baru

Dengan jumlah pemilih sekitar 900 juta orang, pemilu India menjadi pesta demokrasi terbesar di dunia.

PM India Narendra Modi. Instagram/@narendramodi

Perdana Menteri Narendra Modi secara resmi meluncurkan kampanye pemilu partainya pada Kamis (28/3), lewat sebuah rapat umum di negara bagian terpadat di India. Dia menjanjikan pembangunan dengan keamanan nasional dalam upaya mengamankan masa jabatan berikutnya.

Koalisi yang dipimpin oleh partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP) yang mengusung Modi secara luas diperkirakan akan mempertahankan kekuasaan lewat pemilu yang dimulai pada 11 April. Salah satu pemicunya dinilai adalah ketegangan yang belum lama ini terjadi dengan Pakistan, negara tetangga yang sama-sama berkekuatan nuklir. 

"Negara ini telah menyaksikan bagaimana pemerintah hanya membuat slogan, tetapi untuk pertama kalinya, mereka melihat pemerintah yang tegas tahu bagaimana menunjukkan tekadnya," kata PM Modi dalam rapat umum di Kota Meerut di Uttar Pradesh, yang memiliki paling banyak anggota parlemen dari semua negara bagian.

Modi menambahkan, "Visi kami adalah 'India Baru' yang akan selaras dengan masa lalunya yang jaya."

Pemilu India, yang merupakan pesta demokrasi terakbar di dunia dengan sekitar 900 juta orang memenuhi syarat untuk memberikan suara, akan berakhir pada 19 Mei. Suara akan dihitung pada 23 Mei.