Media AS sebut Indonesia gagal kontrol gelombang pertama Covid-19

Laporan Reuters juga menggarisbawahi sejumlah klaim janggal yang dilontarkan pejabat Indonesia untuk mengatasi Covid-19.

Warga mengikuti test usab (swab) Covid-19 menggunakan mobil lab PCR di RSUD Sidoarjo, Jatim, Kamis (28/5/2020). Foto Antara/Umarul Faruq

Media yang berbasis di Amerika Serikat, Reuters, pada Kamis (20/8) menyebut, Indonesia telah gagal mengontrol penyebaran infeksi dalam gelombang pertama Covid-19.

Dalam artikel bertajuk "Endless first wave: How Indonesia failed to control coronavirus", media tersebut menyorot sejumlah upaya pemerintah yang dinilai tidak efektif dalam mencegah peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Laporan Reuters juga menggarisbawahi sejumlah klaim janggal yang dilontarkan pejabat Indonesia untuk mengatasi Covid-19. Salah satunya dinyatakan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yang menyebut jus herbal dari buah manggis dapat mengobati infeksi coronavirus jenis baru.

Selain Luhut, dalam enam bulan terakhir, Reuters menyatakan, anggota kabinet Presiden Joko Widodo kerap menyarankan metode perawatan yang tidak umum, mulai dari doa hingga kalung anti-Covid.

Solusi-solusi itu disebut mencerminkan pendekatan yang tidak ilmiah dalam memerangi Covid-19 di Indonesia.