Mengapa AS bersedia mengirim amunisi tandan ke Ukraina?

Langkah tersebut kemungkinan memicu kemarahan dari beberapa sekutu dan kelompok kemanusiaan yang telah lama menentang penggunaan bom curah.

Aktivis dan delegasi internasional berdiri di samping unit bom curah, selama kunjungan ke pangkalan militer Lebanon pada pembukaan Pertemuan Kedua Negara Pihak Konvensi Amunisi Tandan, di selatan kota Nabatiyeh, Lebanon, 12 September 2011. AP Photo/Mohammed Zaatari, dokumentasi

Amerika Serikat telah memutuskan untuk mengirim amunisi tandan/klaster/curah ke Ukraina, untuk membantu militernya memukul mundur pasukan Rusia yang bercokol di sepanjang garis depan.

Pemerintahan Biden diperkirakan mengumumkan pada Jumat (7/7) waktu setempat, bahwa mereka akan mengirim ribuan dari bom tersebut sebagai bagian dari paket bantuan militer baru senilai US$800 juta.

Langkah tersebut kemungkinan akan memicu kemarahan dari beberapa sekutu dan kelompok kemanusiaan yang telah lama menentang penggunaan bom curah.

Para pendukung berpendapat bahwa Rusia telah menggunakan senjata kontroversial di Ukraina dan bahwa amunisi yang akan disediakan AS memiliki tingkat tak berguna yang berkurang, yang berarti akan ada jauh lebih sedikit peluru yang tidak meledak yang dapat mengakibatkan kematian warga sipil yang tidak diinginkan.

Berikut adalah apa yang dimaksud dengan amunisi tandan, di mana mereka telah digunakan dan mengapa AS berencana untuk memberikannya ke Ukraina sekarang.