Singgung latihan militer AS yang diikuti Indonesia, Menhan Wei peringatkan China tidak suka digertak

Wei mengatakan tidak akan ada kompromi pada kedaulatan China atau pertanyaan apakah Taiwan.

Menteri Pertahanan China Wei Fenghe. Foto CNN

China gertak menggertak dengan Amerika Serikat dalam isu Taiwan. Negeri Komunis itu juga menyeret-nyeret nama Indonesia. China tidak suka dengan aliansi yang dibangun AS di kawasan Indo-Pasifik di mana AS menggelar latihan militer bersama Jepang, Australia, India, dan Indonesia. Ini dinilai sebuah gertakan untuk China, dan Negeri Tirai Bambu itu meresponsnya sebagai ancaman serius.

Menteri Pertahanan China Wei Fenghe pada hari Minggu menuduh Amerika Serikat sebagai "pengganggu" dan "membajak" negara-negara di sekitar kawasan itu. Dalam pidatonya dia mengatakan negaranya akan "berjuang sampai akhir" untuk menghentikan kemerdekaan Taiwan.

"Taiwan adalah Taiwan yang pertama dan terpenting di China," kata Wei kepada Shangri-La Dialogue, konferensi pertahanan utama Asia, seraya menambahkan bahwa China akan "tidak ragu" untuk menghancurkan segala upaya pulau yang memiliki pemerintahan sendiri untuk "melepaskan diri."

Pidato - yang datang hanya beberapa minggu setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan AS akan menanggapi "militer" jika China menyerang Taiwan - mengakhiri akhir pekan dari pertukaran konfrontatif antara kepala militer Amerika dan China.

Wei juga memanggil Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, yang telah mengatakan pada konferensi sehari sebelumnya bahwa China terlibat dalam tindakan pemaksaan, agresif, dan berbahaya yang mengancam "merusak keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di Indo-Pasifik."