Menjaga ideologi, pembersihan di dunia hiburan China digencarkan

CAC mengatakan kepada pihak berwenang setempat untuk membatalkan semua bentuk pemeringkatan selebriti dan memperketat pengawasan.

Kris Wu. foto ist

Pihak berwenang China kembali menyerang industri hiburan di negara itu. Pemerintah Komunis itu berjanji untuk mencabut pengaruh negatif budaya selebriti pada kaum muda.

Komitmen tersebut merupakan bagian dari kampanye nasional untuk menjaga 'keamanan politik dan ideologis' dunia maya. Dampaknya,  banyak bintang media yang ditumbangkan oleh tuduhan pemerkosaan, penghindaran pajak dan pelanggaran lainnya dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam sebuah artikel yang diposting di situs webnya pada hari Sabtu (28/8), Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin (CCDI), pengawas anti-korupsi utama Partai Komunis, mengatakan negara itu bertekad untuk melanjutkan tindakan 'keras' demi kepentingan pemuda.

Laporan tersebut menceritakan rincian perilaku 'mengejutkan' yang dilakukan oleh selebriti China, termasuk dugaan kegiatan kriminal, dan perilaku ekstrem dari budaya penggemar yang sulit diatur.

Laporan itu juga mengutip kritik industri dan akademis tentang cara-cara beracun yang digunakan industri untuk menaikkan lalu lintas online untuk bintang-bintang, metode yang dikatakan 'menanamkan nilai-nilai yang salah' pada kaum muda Cina.