Menkes AS: Kita akan kehilangan kesempatan hentikan Covid-19

Menkes AS akui sedang terjadi lonjakan kasus infeksi Covid-19.

Seorang petugas medis duduk di tepi jalan di luar Maimonides Medical Center di New York City, Amerika Serikat, Selasa (7/4), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid.

Menteri Kesehatan (Menkes) Amerika Serikat (AS) Alex Azar memperingatkan bahwa negara tersebut akan kehilangan kesempatan untuk mengambil tindakan efektif mencegah coronavirus jenis baru (Covid-19).

Dalam wawancara dengan NBC pada Minggu (28/6), Azar ditanya mengapa AS gagal mengatasi krisis coronavirus jenis baru, terutama ketika begitu banyak negara lain yang tampaknya berhasil mengekang penyebarannya.

Azar mengakui memang sedang ada lonjakan kasus infeksi di seluruh negeri. Mayoritas dari mereka adalah kasus tanpa gejala yang terdeteksi di orang-orang di bawah usia 35 tahun.

"Ini adalah situasi yang sangat serius. Kita akan kehilangan kesempatan untuk menghentikan penyebaran virus," kata Azar.

Azar memaparkan, lonjakan kasus infeksi terlihat di wilayah selatan AS. Untuk itu dia mendesak warga untuk ikut bertanggung jawab dengan mempraktikkan social distancing dan memakai masker.