Menlu AS: Partai Komunis China perlu ditentang

Pompeo menyebutkan, Trump telah memperingatkan banyak pihak tentang China sejak hari pertamanya menjabat sebagai presiden.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. Twitter/@SecPompeo

Pada Rabu (30/10), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengkritik Partai Komunis China yang berkuasa. Dia mengatakan bahwa Beijing berfokus pada dominasi internasional dan perlu dikonfrontasi.

Pompeo melontarkan pernyataan itu bahkan ketika pemerintahan Presiden Donald Trump mengungkap harapan dapat menandatangani kesepakatan tahap pertama untuk mengakhiri perang dagang dengan China.

Sebelumnya, Trump dan Presiden China Xi Jinping diperkirakan akan menandatangani kesepakatan tersebut pada November dalam KTT APEC. Namun pada Rabu, perkiraan itu menjadi tidak pasti akibat Chile menarik diri sebagai tuan rumah dari pertemuan global tersebut.

Pompeo mengatakan, AS telah lama menghargai persahabatannya dengan rakyat China, yang dia anggap berbeda dari pemerintah Partai Komunis.

"Partai Komunis menggunakan metode yang telah menciptakan tantangan bagi AS dan dunia. Secara kolektif, kita semua harus mengonfrontasi tantangan ini," kata Menlu Pompeo dalam pidatonya di acara gala dinner di New York.