Menlu RI: Hak Palestina untuk jadi anggota penuh PBB

Indonesia, yang per 1 Januari 2019 duduk di kursi anggota tak tetap DK PBB, mendukung penuh perjuangan Palestina menjadi anggota penuh PBB.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan DK PBB di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, Selasa (22/1). / Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan bahwa merupakan hak alami dan hak hukum Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB.

Menlu Retno menyampaikan, walaupun perjalanan menuju kemerdekaan dan keanggotaan PBB bergejolak, hal tersebut tidak akan melemahkan upaya Palestina dan masyarakat internasional untuk memenuhi hak Palestina.

"Saya sengaja hadir pada pertemuan Dewan Keamanan PBB ini, untuk menegaskan dukungan penuh Indonesia atas perjuangan Palestina," demikian disampaikan Menlu Retno dalam Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB (DK PBB) mengenai Situasi di Timur Tengah, di New York pada Selasa (22/1) seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Alinea.id.

Dalam konteks ini, Menlu Retno menekankan bahwa isu Palestina harus mendapat perhatian penuh Dewan Keamanan PBB. 

"Keberhasilan menyelesaikan isu Palestina akan menentukan kredibilitas dan kepercayaan komunitas internasional terhadap Dewan Keamanan PBB," tegas Menlu Retno.