Menolak lupa, pesan Jolie saat kunjungi Mosul

Kedatangan Angelina Jolie ke Mosul, Irak membawa pesan pada dunia untuk tak melupakan Irak yang tengah membangun negeri usai dilanda perang.

Angelina Jolie menyambangi Mosul, Irak sebagai duta PBB./ International.ae

Utusan khusus badan pengungsi PBB (UNHCR) Angelina Jolie, mengunjungi kota terbesar kedua Irak, Mosul, pada Sabtu (16/6). Kedatangannya membawa pesan kepada dunia internasional untuk tak melupakan para warga yang tengah kesulitan membangun kembali kota mereka usai dilanda perang.

Pasukan pemerintah Irak berhasil membebaskan Mosul pada Juli tahun lalu dari kelompok bersenjata ISIS. Kelompok ini berhasil menguasai kota di utara Irak itu selama tiga tahun dan menjadikannya sebagai salah satu basis kekhalifahan mereka.

Upaya pembebasan Mosul membuat sekitar 900.000 warga kota mengungsi dari perang.

Jolie, yang merupakan aktris Hollywood ternama, sempat menemui sejumlah keluarga dari wilayah barat Mosul dan berjalan melalui jalanan yang rusak akibat bom, demikian rekaman video dan foto yang disiarkan UNHCR.

Kehidupan normal sudah kembali berjalan di banyak bagian Mosul, sementara para pengungsi telah meninggalkan tempat penampungan dan kembali ke rumah mereka masing-masing.