Syed Saddiq, menteri termuda sepanjang sejarah Malaysia

Bersama dengan 12 menteri dan 23 wakil menteri lainnya, Syed Saddiq diambil sumpahnya oleh Raja Malaysia Muhammad V di Istana Negara.

Syed Saddiq Abdul Rahman dilantik sebagai menteri pemuda dan olahraga ke-18 Malaysia pada Senin (2/7)/Instagram @syedsaddiq

Pemuda usia 25 tahun bernama Syed Saddiq Abdul Rahman menjadi pusat pemberitaan setelah pada Senin (2/7), ia ditunjuk sebagai menteri pemuda dan olahraga ke-18 Malaysia di bawah kabinet Mahathir Mohamad. 

Bersama dengan 12 menteri dan 23 wakil menteri lainnya, Syed Saddiq diambil sumpahnya oleh Raja Muhammad V di Istana Negara. Penunjukan ini menjadikan sosoknya sebagai menteri termuda dalam sejarah kabinet Malaysia.

Merdeka pada 31 Agustus 1957, generasi muda mendominasi Malaysia hari ini. Menurut Departemen Statistik yang dikutip dari South China Morning Post, Selasa (3/7), usia rata-rata penduduk Negeri Jiran adalah 28 tahun.

Terpilihnya Syed Saddiq dikabarkan tidak lepas dari fakta saat ini Malaysia dipimpin Mahathir Mohamad, pemimpin tertua di dunia yang terpilih dalam pemilu. Pada 10 Juli mendatang, usia Mahathir akan menyentuh angka 93 tahun atau dengan kata lain ia tiga kali lebih tua dari rata-rata rakyat Malaysia. 

Syed Saddiq dinilai merupakan jawaban atas pertanyaan bagaimana Mahathir membuat dirinya 'terhubung' dengan kalangan muda Malaysia.