Opsi militer AS atas Iran libatkan 120 ribu pasukan

Jumlah pasukan yang disebut dalam rencana militer terhadap Iran, yakni 120.000 tentara, mendekati ukuran pasukan AS saat menginvasi Irak.

Ilustrasi / Pixabay

Dalam pertemuan pejabat tinggi keamanan nasional Amerika Serikat Kamis lalu, penjabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan menyampaikan rencana militer terbaru yang membayangkan pengiriman 120.000 tentara ke Timur Tengah seandainya Iran menyerang pasukan AS atau mempercepat progres pada senjata nuklirnya. Demikian laporan The New York Times mengutip pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Jumlah pasukan yang disebut dalam rencana militer terhadap Iran, yakni 120.000 tentara, mendekati ukuran pasukan AS saat menginvasi Irak pada 2003.

Di antara mereka yang menghadiri pertemuan pada Kamis lalu adalah Shanahan, penasihat keamanan nasional John Bolton, Panglima Angkata Bersenjata AS Joseph Dunford, Direktur CIA Gina Haspel, dan Direktur Intelijen Nasional Dan Coats.

Namun, oleh kelompok garis keras yang dipimpin oleh Bolton rencana tersebut diminta untuk direvisi. Mereka tidak setuju melakukan invasi darat ke Iran, yang akan membutuhkan lebih banyak pasukan.

Gedung Putih dan Pentagon belum berkomentar atas laporan tersebut.