Pakar ungkap 6 alasan Korea Selatan sukses atasi Covid-19

Salah satu alasannya adalah komunikasi yang transparan dengan media dan publik.

Warga beraktivitas dengan memakai masker di Daegu, Korea Selatan, Senin (2/3), di tengah merebaknya Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Perwakilan Korean Foundation untuk urusan diplomasi kesehatan, Youngmee Jee, mengatakan bahwa Korea Selatan telah menuai pujian internasional karena dianggap berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19 di dalam negeri.

Dalam webinar 'Indonesia-Korea Cooperation in Dealing with Covid-19' pada Rabu (6/5), Youngmee mengungkapkan enam alasan Korea Selatan sukses mengekang penyebaran coronavirus.

"Pertama adalah tindakan awal atau deteksi dini. Dalam hal pengujian, Kementerian Kesehatan Korea Selatan sejak akhir Januari telah dengan tanggap menjalin kerja sama dengan perusahaan farmasi untuk mengembangkan alat uji Covid-19," jelas dia.

Selain itu, kapasitas laboratorium pengujian di Korea Selatan diperluas dengan cepat untuk memungkinkan diprosesnya hingga 40.000 sampel per hari.

"Hingga 5 Mei, otoritas kesehatan Korea Selatan telah melakukan uji Covid-19 terhadap sekitar 640.237 orang. Pemeriksaan massal sangat membantu pemerintah untuk mengetahui siapa yang harus diisolasi atau dikarantina," jelas Youngmee.