Palestina tolak proposal perdamaian Amerika Serikat

Proposal perdamaian Amerika Serikat mencakup US$50 miliar yang merupakan dana investasi global untuk Palestina dan sejumlah negara Timteng.

Ilustrasi / Pixabay

Palestina menolak rencana yang diungkapkan oleh menantu Presiden Donald Trump, Jared Kushner, terkait pendekatan ekonomi yang menjadi bagian dari proposal perdamaian Timur Tengah milik Amerika Serikat.

Pejabat senior Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hanan Ashrawi, pada Sabtu (22/6) mengatakan, proposal Kushner hanya berisi janji-janji abstrak. Dia menegaskan bahwa hanya solusi politik yang dapat menyelesaikan konflik di Timur Tengah.

Proposal ekonomi pemerintahan Trump mencakup US$50 miliar yang merupakan dana investasi global untuk mengangkat ekonomi Palestina dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya.

Kushner akan mempresentasikan proposal yang diberi nama "Perdamaian Menuju Kemakmuran" itu dalam konferensi internasional di Bahrain pada 25-26 Juni. Menurutnya, para pemimpin Palestina perlu mempertimbangkan untuk menerima proposal tersebut.

Namun, Ashrawi, yang merupakan penasihat bagi Presiden Palestina Mahmoud Abbas, mengatakan bahwa hanya solusi politik yang dapat mengakhiri pendudukan Israel atas wilayah Palestina.