Panas! NATO sepakati Master Plan mencegah ancaman dari Rusia

"Jika Anda memiliki konflik besar semacam itu, itu akan membutuhkan aktivitas seluruh area operasi," kata pejabat senior pemerintah AS.

Sekjen NATO. Jens Stoltenberg. NATO

Para menteri pertahanan NATO akan menyetujui Master Plan pada hari Kamis (21/10) untuk mempertahankan diri dari potensi serangan Rusia di berbagai bidang.
Bahkan, ini upaya untuk menghalangi Moskow meskipun aliansi baru berfokus pada China, kata para diplomat dan pejabat.

Strategi, yang bersifat rahasia tersebut, sudah melampaui rencana pertahanan regional yang ada dan bertujuan untuk mempersiapkan serangan simultan di wilayah Baltik dan Laut Hitam, termasuk senjata nuklir, peretasan jaringan komputer atau dari luar angkasa.

Para pejabat dan diplomat mengungkapkan, tidak ada serangan dari Rusia dalam waktu dekat. Rusia menyangkal niat untuk berperang dan mengatakan NATO yang berisiko membuat Eropa tidak stabil dengan persiapan semacam itu.

Namun pejabat AS, diplomat NATO dan mantan pejabat mengatakan "Konsep Pencegahan dan Pertahanan di Kawasan Euro-Atlantik" dan rencana implementasi strategisnya tersebut diperlukan Rusia untuk mengembangkan sistem senjata yang canggih serta mengerahkan pasukan hingga  peralatan lebih dekat ke perbatasan sekutu.

"Jika Anda memiliki konflik besar semacam itu, itu akan membutuhkan aktivitas di seluruh area operasi," kata pejabat senior pemerintah AS. "Berbagai hal bisa terjadi pada saat yang sama, dan itu benar-benar membutuhkan perencanaan holistik."