Pasca-gencatan senjata, Qatar transfer US$480 juta ke Palestina

US$300 juta di antaranya diperuntukkan bagi program kesehatan dan pendidikan dan sisanya akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan mendesak.

Ilustrasi / Pixabay

Qatar mengumumkan akan mentransfer US$480 juta ke masyarakat Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Jalur Gaza yang dikepung. Pernyataan tersebut datang setelah kesepakatan gencatan senjata tercapai, mengakhiri pertempuran antara Israel dan kelompok militan yang terjadi pada akhir pekan kemarin. 

Kementerian Luar Negeri Qatar pada Selasa (7/5) pagi menyebutkan bahwa US$300 juta di antaranya diperuntukkan bagi program kesehatan dan pendidikan yang dijalankan Otoritas Palestina yang berbasis di Ramallah.

Sementara itu, sisanya US$180 juta akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan mendesak menyangkut program-program PBB dan juga listrik.

Gelombang tiga hari kekerasan terbaru di Jalur Gaza dan Israel selatan telah menyebabkan kematian bagi setidaknya 25 warga Palestina dan empat warga sipil di sisi Israel.

Kesepakatan gencatan senjata dimulai pada Senin (6/6) pagi, dan tidak ada serangan udara yang dilaporkan terjadi sejak kesepakatan itu diberlakukan.