Pascapandemik Covid-19, RI-Korsel fokus implementasi IK-CEPA

Indonesia dan Korea Selatan telah menikmati special strategic partnership sejak 2017.

Seorang anak perempuan yang memakai masker bermain di pusat perbelanjaan di Gimpo, Korea Selatan, pada Jumat (2/5), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom mengatakan bahwa setelah pandemik Covid-19 berakhir, Indonesia dan Korea Selatan akan fokus  mengimplementasikan Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA).

"Semoga pada awal 2021 kita dapat menyaksikan implementasi aktual dari IK-CEPA," tutur Dubes Kim dalam webinar 'Indonesia-Korea Cooperation in Dealing with Covid-19' pada Rabu (6/5).

Dubes Kim meyakini bahwa IK-CEPA akan menunjang perdagangan dan investasi bilateral serta menyalakan kembali minat komunitas bisnis Korea Selatan untuk menjadikan Indonesia tujuan Foreign Direct Investment (FDI) mereka.

Selain itu, Dubes Kim menyatakan bahwa pascapandemik, kedua negara juga dapat mengeksplorasi kerja sama baru di sektor kesehatan.

Menanggapi pernyataan tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi mengatakan bahwa berdasarkan pantauannya, Negeri Ginseng sedang sangat membutuhkan pengasuh bagi warga lansia di panti jompo.