Pascapemilu, kasus harian Covid-19 AS pecahkan rekor

Terdapat lebih dari 91.000 kasus infeksi baru yang tercatat pada Rabu (4/11).

Petugas medis duduk di tepi jalan saat pandemi Covid-19 di luar Maimonides Medical Center, New York City, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). Foto Antara via REUTERS/Brendan McDermid

Amerika Serikat (AS) mencatat rekor baru kasus harian Covid-19 menyusul meningkatnya infeksi dan pasien rawat inap di sejumlah negara bagian.

Kasus infeksi harian Covid-19 di AS telah meningkat 45% selama dua pekan terakhir. Menurut data yang dikumpulkan Johns Hopkins University, kematian juga meningkat 15% menjadi rata-rata 846 fatalitas per harinya.

Terdapat lebih dari 91.000 kasus infeksi baru yang tercatat pada Rabu (4/11).

Statistik suram tersebut menggarisbawahi betapa pentingnya pemilihan presiden (pilpres) yang sedang berlangsung. Joe Biden mengatakan, dia berada pada jalur kemenangan, sementara Presiden Donald Trump, yang berulang kali menyebarkan informasi yang salah tentang pandemi dan meremehkan ancaman virus, mengancam tuntutan hukum terkait penghitungan suara.

Lebih dari 232.000 orang telah meninggal karena Covid-19 di AS dan total kasus yang dikonfirmasi melampaui 9 juta. "Negeri Paman Sam" mencatat jumlah infeksi dan fatalitas tertinggi di seluruh dunia.