Pascaprotes di Capitol, Demokrat serukan pemakzulan Trump

Trump berpeluang takkan bisa maju pada pilpres jika pemakzulan lolos setelah dirinya meninggalkan Gedung Putih.

Presiden Donald Trump saat reli dengan pendukungnya di Des Moines, Iowa, AS, Kamis (30/1/2020). Foto Antara/REUTERS/Jonathan Ernst

Sejumlah politikus Partai Demokrat mendorong pemakzulan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyusul terjadinya kerusuhan di Washington pada Rabu (6/1).

Dorongan dari beberapa anggota paling liberal di Partai Demokrat muncul ketika kekacauan menyelimuti ibu kota negara dua minggu sebelum Trump dipaksa meninggalkan jabatannya ketika Presiden terpilih AS, Joe Biden, dilantik secara resmi.

Namun, sangat tidak mungkin Kongres mengumpulkan cukup dukungan untuk menggulingkan Trump dari jabatannya karena upaya itu membutuhkan dukungan dari Partai Republik. Sementara itu, Gedung Putih enggan mengomentari tentang dorongan tersebut.

Perwakilan Demokrat, Ayanna Pressley dari Massachusetts dan Ilhan Omar dari Minnesota mengatakan, mereka mendukung pemakzulan.

"Donald J. Trump menghasut kekerasan ini dan bertanggung jawab langsung atas percobaan kudeta ini," tulis Pressley di Twitter.