PBB: Suriah setuju buka 2 penyeberangan baru untuk bantuan gempa

Saat ini, PBB hanya diizinkan untuk mengirimkan bantuan ke wilayah barat laut Idlib melalui satu penyeberangan di Bab Al-Hawa.

Truk-truk bermuatan bantuan kemanusiaan PBB untuk Suriah setelah gempa dahsyat mencapai perbatasan Bab al-Hawa dengan Turki, provinsi Idlib, Suriah, Jumat, 10 Februari 2023. AP Photo/Ghaith Alsayed/dokumentasi.

Presiden Suriah akhirnya menyetujui untuk membuka dua titik penyeberangan baru dari Turki ke barat laut, yang dikuasai pemberontak negara itu. Hal itu untuk mengirimkan bantuan dan peralatan yang sangat dibutuhkan untuk membantu jutaan korban gempa.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, menyambut baik kesepakatan pemimpin Suriah Bashar Assad untuk membuka titik penyeberangan di Bab Al-Salam dan Al Raée untuk periode awal tiga bulan. Saat ini, PBB hanya diizinkan untuk mengirimkan bantuan ke wilayah barat laut Idlib melalui satu penyeberangan di Bab Al-Hawa. Itupun setelah sekutu Suriah, yakni Rusia mendesak.

Pengumuman itu menyusul pertemuan di Damaskus Senin (13/2) pagi antara Assad dan kepala kemanusiaan PBB Martin Griffiths. Martin sendiri menghabiskan akhir pekan dengan melihat kehancuran yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 7,8 yang menghancurkan Turki selatan dan Suriah barat laut.

Pengumuman resmi Guterres datang selama pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB di mana para diplomat mengatakan Griffiths mengumumkan persetujuan Assad untuk membuka dua penyeberangan baru selama pengarahan virtual.

Duta Besar Suriah untuk PBB Bassam Sabbagh, mengatakan kepada wartawan saat pertemuan berlangsung. Assad mengadakan “pertemuan yang positif dan konstruktif” dengan Griffiths dan “menegaskan perlunya bantuan mendesak untuk memasuki semua wilayah di Suriah, termasuk yang berada di bawah pendudukan dan di bawah kendali kelompok teroris bersenjata.”