Pejabat Taiwan dan AS bertemu, China keberatan

China meminta AS menghentikan keterlibatan diplomatiknya dengan Taiwan, pulau yang mereka sebut sebagai provinsi pemberontak.

Ilustrasi / Pixabay

China mendesak pemerintahan Donald Trump untuk menghentikan keterlibatan diplomatik dengan Taiwan. Desakan ini muncul setelah pertemuan antara pejabat tinggi Amerika Serikat dan Taiwan.

Dalam bulan ini,  penasihat keamanan nasional AS John Bolton dilaporkan bertemu dengan salah satu pejabat tinggi pertahanan Taiwan, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional David Lee, yang tengah mengunjungi AS.

Kantor berita Taiwan CNA menyebutkan bahwa itu merupakan pertemuan pertama antara penasihat keamanan utama kedua negara sejak 1979, ketika Washington memutus hubungan formal dengan Taipei.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang pada Senin mengatakan, pihaknya menyesalkan dan sangat keberatan dengan pertemuan itu. Lu Kang mendesak AS untuk berhenti melakukan pertemuan atau meningkatkan hubungan substantif dengan Taiwan.

Taiwan dan China terpisah pada akhir perang saudara 1949. AS sendiri hanya memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Beijing.