Pemilihan Dewan Desa dI Bangladesh digelar, ancaman kekerasan mengintai

Partai oposisi terbesar memboikot pemilihan yang diadakan pada Kamis, mengatakan suasana politik yang berat sebelah mencegah partisipasi.

Pemilihan Dewan Desa dI Bangladesh digelar, ancaman kekerasan mengintai. foto © Bangladeshi election via Wikimedia Commons (CC BY 2.0)

Bangladesh mengadakan pemilihan dewan desa yang pasti akan semakin mengkonsolidasikan kekuatan partai yang berkuasa. Situasi ini menimbulkan kekhawatiran tentang keadaan demokrasi di negara Asia Selatan itu.

Partai oposisi terbesar memboikot pemilihan yang diadakan pada hari Kamis, mengatakan suasana politik rawan mencegah partisipasi yang adil.

Tuduhan pelanggaran yang tersebar luas dibuat selama dua pemilihan nasional terakhir, dan kekerasan politik telah merusak suara masa lalu di Bangladesh, terutama untuk dewan pedesaan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum K M Nurul Huda memperingatkan terhadap kekerasan pemilu sebelum pemungutan suara hari Kamis dan mengatakan langkah-langkah keamanan sedang diambil untuk mengatasi kemungkinan insiden.

Sedikitnya sembilan orang tewas dan ratusan terluka dalam kekerasan kampanye bulan ini menjelang pemungutan suara.