Saat Pemilu jadi titik terang perjuangan menemukan jenazah

Manitoba, provinsi Kanada pertama yang memilih perdana menteri First Nations, Wab Kinew. Dia berkampanye untuk mencari wanita hilang.

Gaun merah — simbol perempuan, anak perempuan, dan orang-orang Pribumi yang terbunuh dan hilang di Kanada dan Amerika Serikat — digantung di luar tempat pembuangan sampah Brady Road [Jenn Allen/Al Jazeera]

Suhu mulai kembali turun di bawah titik beku, dan salju kini menyelimuti padang rumput Manitoba, sebuah provinsi di bagian barat tengah Kanada. Namun, mereka tetap ada. Selama hampir setahun, para pengunjuk rasa berkumpul di luar dua tempat pembuangan sampah dekat Winnipeg, ibu kota provinsi, untuk mendorong pemulihan jenazah masyarakat adat yang diyakini terkubur di antara puing-puing.

Namun semangat para demonstran telah meningkat. Setelah berbulan-bulan tidak ada tindakan, pemilu baru-baru ini telah menghidupkan kembali harapan bahwa tiga jenazah perempuan yang hilang akhirnya bisa kembali ke rumah.

Pada bulan Oktober, Manitoba menjadi provinsi Kanada pertama yang memilih perdana menteri First Nations, Wab Kinew.

Dia berkampanye untuk mencari wanita hilang di tempat pembuangan sampah, sesuatu yang tidak dilakukan oleh pendahulunya Heather Stefanson.

“Saya yakin dia akan melakukannya. Dan saya yakin kami akan membawa pulang perempuan-perempuan ini,” kata Jorden Myran, yang jenazah saudara perempuannya diyakini berada di salah satu tempat pembuangan sampah.