Pemimpin Hong Kong: Ini hanyalah langkah awal

Ada empat poin yang menurut Carrie Lam menjadi langkah awal untuk membantu memulihkan ketertiban Hong Kong.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam saat mengadakan konferensi pers pada Kamis (5/9). ANTARA FOTO/REUTERS

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam pada Jumat (6/9) mengatakan, kebijakan yang diumumkan beberapa hari lalu untuk membantu memulihkan ketertiban di kota itu baru merupakan langkah awal.

Ratusan pengunjuk rasa pada Jumat berkumpul pada Jumat sore, dengan kerumunan orang diperkirakan akan membengkak hingga malam, bersiap kembali melancarkan demonstrasi pada akhir pekan. Aksi bertujuan untuk menganggu jaringan transportasi ke bandara.

"Empat kebijakan itu bertujuan untuk membuat satu langkah maju dalam membantu Hong Kong keluar dari dilema," ujar Lam kepada wartawan dalam kunjungannya ke Guangxi, China. "Kita tidak bisa menghentikan kekerasan dengan tiba-tiba."

Keempat kebijakan yang diumumkan pada Rabu (4/9) antara lain penarikan sepenuhnya RUU ekstradisi yang akan memungkinkan para tersangka diadili di China daratan, penyelidikan terhadap kepolisian atas penanganan demonstrasi, dialog dengan berbagai elemen masyarakat dan melibatkan para tokoh masyarakat, profesional serta akademisi untuk secara independen membahas dan meninjau isu-isu publik dan memberikan saran untuk menemukan solusi.

Lam, yang disokong Beijing, mengatakan dia tidak setuju dengan laporan lembaga pemeringkat Fitch yang menyebut terjadi penurunan kepercayaan terhadap kota yang dipimpinnya. Lam juga menolak tuntutan lain dari para demonstran seperti mencabut dakwaan terhadap pemrotes yang ditahan, yang disebutnya melakukan pelanggaran hukum.