Penasihat khusus Covid-19 Trump undur diri

Atlas berulang kali meremehkan ancaman Covid-19, yang telah menewaskan lebih dari 265.000 warga AS.

Presiden Donald Trump saat rapat dengan eksekutif bidang kesehatan di Cabinet Room Gedung Putih, di Washington, Amerika Serikat, Selasa (14/4/2020). Foto Antara/Reuters/Leah Millis

Scott Atlas telah mengundurkan diri sebagai penasihat khusus bagi Presiden Donald Trump. Kabar tersebut disampaikan oleh seorang pejabat Gedung Putih, pada Senin (30/11).

Pengunduran Atlas terjadi setelah masa jabatan empat bulan yang kontroversial di mana dia kerap mengecam langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19 dan berulang kali bentrok dengan anggota gugus tugas pandemik.

"Saya menulis untuk mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Penasihat Khusus Presiden Amerika Serikat," kata Atlas dalam sebuah surat kepada Trump tertanggal 1 Desember.

Atlas kemudian mengonfirmasi pengunduran dirinya dalam sebuah twit. Pria itu merupakan pakar radiologi saraf. Dia tidak memiliki keahlian atau pengalaman dalam penyakit menular atau epidemiologi, namun tetap dipilih oleh Trump untuk memberi nasihat kepada presiden tentang pandemik tersebut.

Atlas bergabung dengan Gedung Putih pada musim panas ini. Tak lama setelah itu, dia bentrok dengan pakar kesehatan terkemuka, termasuk Anthony Fauci dan Deborah Birx, karena dia menolak upaya yang lebih kuat untuk mengatasi pandemik di AS.