Pengamat HI paparkan sembilan tugas utama Biden

Covid-19 menjadi tugas yang paling pertama dan mendesak untuk ditangani.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Facebook/Joe Biden

Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Padjajaran Arry Bainus memaparkan sembilan pekerjaan rumah (PR) domestik, yang harus dihadapi oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden selama masa pemerintahannya.

Covid-19 menjadi tugas yang paling pertama dan mendesak untuk ditangani. Dengan total kasus positif melampaui 26 juta, termasuk fatalitas di atas 440.000, AS menjadi negara yang paling parah terdampak Covid-19.

"Ini menjadi persoalan tersendiri dan harus ditangani secara serius oleh pemerintah AS," tutur Arry dalam webinar 'Arah Kebijakan Presiden AS Joe Biden, Dampak Atas Indonesia dan Dunia' pada Sabtu (30/1).

Arry menilai, Biden pun mengetahui seberapa seriusnya persoalan terkait pandemik Covid-19 di dalam negeri. Pasalnya, ketika mengeluarkan sejumlah perintah eksekutif pada hari pertamanya menjabat, sebagian besar mencakup respons pemerintah terhadap pandemik.

"Ke depannya, isu pandemik akan menjadi tantangan berat bagi pemerintahan Biden, terutama persoalan-persoalan yang menyangkut negara bagian maupun masyarakat," lanjutnya.