Pengumuman hasil resmi pemilu Thailand ditunda hingga 9 Mei

Komisi Pemilu Thailand awalnya dijadwalkan untuk mengumumkan hasil resmi pada Minggu. Namun, tanpa alasan jelas, mereka menundanya.

Pemilu Thailand. ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Hasil pemilu pertama Thailand pascakudeta 2014 masih belum jelas. Penundaan berkelanjutan atas pengumuman hasil resmi pemilu meningkatkan kekhawatiran adanya dugaan penyimpangan pemungutan suara.

Secara luas, pemilu tersebut dianggap sebagai kontes antara pihak pro-militer yang menginginkan pemimpin junta, Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, untuk tetap berkuasa dan pasukan pro-demokrasi yang berjuang untuk merestorasi demokrasi di negara itu.

Dari hasil 95% suara yang sudah dihitung, Komisi Pemilu Thailand menyatakan bahwa partai oposisi Pheu Thai memenangkan 137 dari 350 kursi di majelis rendah. Sedangkan, Palang Pracharat meraih 97 kursi.

Pheu Thai merupakan partai pendukung mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan militer pada 2006.

Partai-partai lainnya masih menunggu untuk mendengar berapa banyak kursi yang akan mereka dapatkan. Sejumlah 150 kursi majelis rendah lainnya akan dialokasikan pada partai kecil berdasarkan jumlah total suara yang diberikan.