Pensiunan AD dihukum karena membakar demonstran mahasiswa 36 tahun lalu

Patroli militer yang dipimpin oleh Kapten Pedro Fernández Dittus membuang mayat-mayat yang hangus itu ke selokan irigasi

Pemakaman untuk Rodrigo Rojas de Negri (Sumber: Paulo Slachevsky)

Setelah kejahatan mengerikan yang terjadi 36 tahun lalu, Pengadilan Chile menghukum 10 pensiunan anggota Angkatan Darat karena menyiram bensin dan membakar fotografer berusia 19 tahun Rodrigo Rojas dan siswa berusia 18 tahun Carmen Gloria Quintana, dan membiarkan mereka mati.

Caso Quemados” (kasus yang dibakar) terjadi pada 2 Juli 1986 di komune kelas pekerja Estación Central di Santiago di tengah demonstrasi yang sedang berlangsung memprotes tingginya angka pengangguran dan kemiskinan di era diktator militer Jenderal Augusto Pinochet itu. Aparat merespons dengan sadis protes-protes itu. 

Setelah membakar Rojas dan Quintana hidup-hidup, patroli militer yang dipimpin oleh Kapten Pedro Fernández Dittus membuang mayat-mayat yang hangus itu ke selokan irigasi di pinggiran Santiago, berharap para pemuda itu akan mati karena luka-luka itu. Rodrigo Rojas menderita luka bakar tingkat dua dan tiga di kepala, leher, badan dan ekstremitas, yang melibatkan sekitar 65 persen dari permukaan tubuhnya. Ia meninggal karena luka-lukanya empat hari kemudian. Carmen Gloria menderita luka bakar hingga 62 persen dari permukaan tubuhnya dan harus menjalani 50 operasi selama berbulan-bulan.

Kasus ini ditutup-tutupi pemerintah selama hampir tiga dekade. Itu termasuk penculikan saksi, dan ancaman penghilangan. Sementara pengacara hak asasi manusia dan hakim yang berani diancam dengan penculikan dan lebih buruk lagi.

Kasus ini dibuka kembali pada tahun 2013 oleh hakim Mario Carroza, yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus-kasus hak asasi manusia. Bukti baru terungkap pada tahun 2015 ketika seorang mantan wajib militer setelah 29 tahun melanggar pakta militer, yang memungkinkan Hakim Carroza untuk menghukum patroli tersebut pada tahun 2019.