Perang dagang dan eskalasi Timteng diprediksi mendominasi KTT G20

KTT G20 tahun ini akan berlangsung di Osaka, Jepang, pada 28-29 Juni.

Presiden AS Donald Trump saat menaiki Air Force One untuk bertolak ke Osaka, Jepang, Rabu (26/6). REUTERS/Kevin Lamarque

Presiden China Xi Jinping dan para pemimpin dunia lainnya telah berkumpul di Osaka, Jepang, untuk menghadiri KTT G20 pada 28-29 Juni. Donald Trump dijadwalkan tiba pada Kamis (27/6) malam dan akan bertemu dengan Xi pada Sabtu saat KTT berakhir.

Selain dengan Trump, Xi juga dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral lainnya dengan Perdana Menteri Shinzo Abe untuk membahas sengketa wilayah. Kedatangan Xi ke Jepang merupakan yang pertama kalinya sejak dia menjadi presiden pada 2013.

Pekan lalu, Xi melawat ke Korea Utara. Kunjungannya meningkatkan harapan agar kebuntuan dengan AS terkait program nuklir Pyongyang dapat diakhiri. Adapun Trump akan bertolak ke Korea Selatan setelah meninggalkan Jepang, di mana dia dilaporkan akan mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ).

Perang dagang dan prospek perang yang sebenarnya dinilai akan mendominasi agenda Trump di Osaka.

Pasar siap untuk bereaksi terhadap hasil pembicaraan Trump dan Xi soal perang dagang, yang telah lama dinanti-nantikan. Perang dagang AS-China telah memengaruhi rantai pasokan dan menyebabkan pertumbuhan global melambat.