Pertama di Asia, Taiwan legalkan pernikahan sesama jenis

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen adalah salah satu yang mendukung legalitas pernikahan sesama jenis.

Para pendukung LGBTQ di depan gedung parlemen di Taipei, Taiwan, Jumat (17/5). Twitter/@iingwen

Usai pemungutan suara parlemen pada Jumat (17/5), Taiwan resmi menjadi yang pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Dalam pemungutan suara itu, anggota parlemen memperdebatkan tiga RUU berbeda untuk melegalkan pernikahan sesama jenis.

Pada akhirnya, Parlemen Taiwan menyetujui RUU usulan pemerintah yang paling progresif dari ketiganya. Ratusan pendukung hak LGBTQ berkumpul di luar gedung parlemen di Taipei menunggu keputusan besar itu. Saat hasil pemungutan suara diumumkan, banyak yang berteriak gembira dan saling berpelukan sambil berlinang air mata.

Menjelang pemungutan suara, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menunjukkan dukungannya atas legalitas pernikahan sesama jenis melalui Twitter.

Good morning #Taiwan. Today, we have a chance to make history & show the world that progressive values can take root in an East Asian society.

Today, we can show the world that #LoveWins. pic.twitter.com/PCPZCTi87M — 蔡英文 Tsai Ing-wen (@iingwen) May 17, 2019

"Hari ini kita memiliki kesempatan untuk membuat sejarah dan menunjukkan kepada dunia bahwa nilai-nilai progresif juga dapat berakar dalam masyarakat Asia Timur," tulisnya.