Pesan Dirjen WHO pada Menlu Retno: Terus siaga

Hingga saat ini belum ada kasus coronavirus jenis baru di Indonesia.

Menlu RI Retno Marsudi dan Dirjen WHO Tedron Adhanom Ghebreyesus di sela-sela High Level Segment Dewan HAM PBB, Jenewa, Swiss, pada Senin (24/2). / Kementerian Luar Negeri RI

Di sela-sela High Level Segment ke-43 Dewan HAM PBB di Swiss pada Senin (24/2), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Keduanya membahas mengenai situasi penyebaran wabah coronavirus jenis baru yang semakin memprihatinkan.

"Koordinasi dan kolaborasi global dalam menangani penyebaran coronavirus sangat penting untuk mengontrol dan mengatasi penyebaran virus tersebut," tutur Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI pada Senin.

Retno menambahkan, kolaborasi global dalam menangani coronavirus jenis baru bukan hanya untuk mengatasi penyebaran virus dalam jangka pendek, tetapi juga untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran dalam jangka panjang.

Dalam kesempatan pada Senin, Menlu Retno turut menyampaikan perkembangan penanganan coronavirus di Indonesia.

"Hingga saat ini, menurut data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, belum ada kasus individu yang positif coronavirus di Indonesia," jelas dia.