Pesawat meledak saat mendarat, semua penumpangnya selamat

Kecelakaan yang terjadi ini merupakan kerusakan parah pertama pada Airbus A350.

Foto: Ist

Dua pesawat bertabrakan. Satu pesawat penumpang besar menghantam pesawat penjaga pantai Jepang. Insiden itu terjadi di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo pada hari Selasa (2/1). Keduanya meledak dan terbakar.

Lima orang tewas di dalam pesawat penjaga pantai, kata para pejabat. Sementara 379 orang, seluruhnya penumpang Japan Airlines penerbangan JAL-516, keluar dengan selamat. Sesaat kemudian pesawat Airbus A350 yang mereka tumpangi sepenuhnya dilalap api, Menteri Transportasi Tetsuo Saito membenarkan.

Pilot pesawat Bombardier Dash-8 milik penjaga pantai meloloskan diri tetapi lima awaknya tewas, kata Saito. Pesawat itu bersiap lepas landas untuk mengirimkan bantuan ke daerah yang terkena dampak gempa besar pada hari Senin (1/1), kata para pejabat.

Dugaan kelalaian

Kecelakaan yang terjadi ini merupakan kerusakan parah pertama pada Airbus A350, salah satu pesawat penumpang besar terbaru di industri penerbangan. Pesawat ini memasuki layanan komersial pada tahun 2015. Airbus mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya mengirimkan spesialis untuk membantu pejabat Jepang dan Prancis menyelidiki kecelakaan tersebut, dan pesawat tersebut dikirim ke Japan Airlines pada akhir tahun 2021.