Pesawat Ukraina dirudal Iran, 5 negara bahas langkah hukum

Pesawat Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan PS752 jatuh pada Rabu (8/1) setelah dihantam rudal Iran.

Serpihan pesawat Ukraine International Airlines, yang jatuh setelah lepas landas dari Bandara Imam Khomeini Iran, di pinggiran Teheran, Iran, Rabu (8/1). ANTARA FOTO/Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS

Lima negara yang warganya tewas saat menumpangi pesawat Ukraine International Airlines yang ditembak jatuh oleh militer Iran akan bertemu di London, Inggris, pada Kamis (16/1) untuk membahas tindakan hukum.

Berbicara di sela-sela kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (13/1), Menteri Luar Negeri Ukraina Vadim Prystaiko menuturkan, negara-negara yang sedang berduka tersebut akan membahas kompensasi dan penyelidikan atas insiden tersebut.

Pesawat Boeing 737 dengan nomor penerbangan PS752 yang membawa 176 orang penumpang dan kru jatuh di dekat Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran, Iran, para Rabu (8/1).

Seluruh penumpang dan kru tewas dalam kecelakaan, yang terjadi beberapa menit setelah pesawat lepas landas.

Pemerintah Iran pada Sabtu (11/1), mengakui tidak sengaja menembak jatuh pesawat Ukraina karena kesalahan pasukan keamanannya.