PH sepakat calonkan Anwar Ibrahim sebagai PM Malaysia

Anwar Ibrahim menyatakan dirinya dipilih setelah Mahathir Mohamad menolak menghadiri pertemuan koalisi PH.

Anwar Ibrahim melambaikan tangan kepada pendukung setelah konferensi pers di Petaling Jaya, Malaysia, Rabu (26/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey TEng

Dewan Presiden Pakatan Harapan (PH) dengan suara bulat menunjuk Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim sebagai kandidat perdana menteri, menyusul pengunduran diri Mahathir Mohamad pada Senin (24/2).

Anwar Ibrahim mengatakan bahwa dewan pada Selasa (25/2), mengundang Mahathir Mohamad untuk memimpin pertemuan demi memulihkan pemerintahan koalisi PH. Namun, Mahathir Mohamad menolak menghadiri pertemuan tersebut.

"Karena itu, Dewan Presiden PH dalam pertemuannya kemarin telah memutuskan untuk mencalonkan saya sebagai calon perdana menteri dari PH," kata Anwar Ibrahim dalam konferensi pers pada Rabu (26/2) seperti dilansir Bernama.

Selain mengundurkan diri sebagai PM ke-7 Malaysia, Mahathir Mohamad juga mengumumkan mundur sebagai Ketua Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) pada hari yang sama.

Yang di-Pertuan Agong Tengku Abdullah kemudian menyetujui penunjukan Mahathir Mohamad sebagai PM sementara. Raja juga mewawancarai satu per satu dari 222 anggota parlemen untuk menyelesaikan kekacauan politik.