Pidato tahun baru Kim Jong-un beri peringatan ke AS

Kim Jong-un memperingatkan, Korea Utara akan mengambil jalan lain jika AS memberi tekanan sepihak dan tidak meringankan sanksi.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat KTT perdana di Singapura pada Juni 2018. IG/@realdonaldtrump

Dalam pidato tahun barunya yang disiarkan melalui jaringan televisi nasional pada Selasa (1/1), pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan, dirinya siap bertemu dengan Donald Trump untuk berunding soal denuklirisasi.

Kim Jong-un menuturkan  dia memiliki "keinginan kuat" atas denuklirisasi Semenanjung Korea. 

Dalam kesempatan yang sama, Kim Jong-un menyampaikan, Korea Utara telah menyatakan di dalam dan di luar negeri bahwa mereka tidak lagi memproduksi dan menguji senjata nuklir, atau pun menggunakan dan memperbanyaknya.

Kim Jong-un menambahkan, Pyongyang telah "mengambil berbagai langkah sesuai praktik" dan jika Washington menanggapi "dengan langkah-langkah yang dapat dipercaya dan tindakan yang sesuai ... hubungan bilateral akan berkembang dengan baik dan sangat cepat".

"Saya selalu siap untuk bertemu dengan presiden AS kapan saja di masa depan, dan akan berusaha untuk memberikan hasil yang disambut baik oleh masyarakat internasional," tutur Kim Jong-un.