Pilpres Prancis: Macron mengalahkan Le Pen, berjanji menebus kesalahan di periode pertama

Pendukungnya bersorak gembira saat hasilnya muncul di layar raksasa di taman Champ de Mars dekat menara Eiffel.

Pilpres Prancis: Macron mengalahkan Le Pen. Foto Reuters

Emmanuel Macron dengan nyaman mengalahkan saingan sayap kanan Marine Le Pen pada hari Minggu. Setelah kemenangannya, ia berjanji akan berusaha untuk menebus kesalahan di masa jabatan pertamanya.

Pendukungnya bersorak gembira saat hasilnya muncul di layar raksasa di taman Champ de Mars dekat menara Eiffel. Para pemimpin di Berlin, Brussel, London dan sekitarnya juga menyambut baik kekalahan Le Pen yang nasionalis dan skeptis.

Dengan 97% suara dihitung, Macron berada di jalur untuk mendapatkan 57,4% suara yang solid, sesuai angka yang dirilis kementerian dalam negeri. Namun dalam pidato kemenangannya dia mengakui bahwa banyak yang hanya memilih dia hanya untuk menjauhkan Le Pen dan dia berjanji untuk mengatasi perasaan banyak orang Prancis bahwa standar hidup mereka sedang merosot.

"Banyak orang di negara ini memilih saya bukan karena mereka mendukung ide-ide saya, tetapi untuk mencegah ide-ide sayap kanan. Saya ingin berterima kasih kepada mereka dan tahu bahwa saya berutang budi kepada mereka di tahun-tahun mendatang," katanya.

"Tidak seorang pun di Prancis akan ditinggalkan di pinggir jalan," katanya dalam pesan yang telah disebarkan oleh para menteri senior yang berkeliling di stasiun TV Prancis.