PM China berjanji hukum para pejabat atas kematian akibat banjir Henan

Lebih dari 300 orang tewas dalam banjir bulan lalu di provinsi Henan, termasuk sedikitnya 292 di ibu kota provinsi Zhengzhou.

Perdana Menteri China berjanji untuk menghukum para pejabat atas kematian akibat banjir. foto Xinhua

Perdana Menteri China Li Keqiang berjanji untuk meminta pertanggungjawaban pejabat atas kesalahan selama banjir baru-baru ini yang menyebabkan kematian ratusan orang di ibu kota provinsi utama, termasuk 14 orang yang terjebak ketika sistem kereta bawah tanah kota itu terendam.

Lebih dari 300 orang tewas dalam banjir bulan lalu di provinsi Henan, termasuk sedikitnya 292 di ibu kota provinsi Zhengzhou.

Li pada hari Kamis mengunjungi terowongan jalur kereta bawah tanah Zhengzhou di mana penumpang merekam video mengerikan tentang air banjir yang mengalir masuk dan memenuhi mobil di atas ketinggian kepala pada 20 Juli.

Penduduk kota, yang meletakkan bunga di pintu masuk stasiun meskipun ada upaya polisi untuk memblokir daerah itu, mengeluh bahwa pejabat seharusnya menutup kereta bawah tanah karena hujan lebat.

China secara teratur mengalami banjir musiman, tetapi tahun ini sangat parah dengan hujan deras yang mencapai dari pusat negara hingga ke utara hingga Beijing.